YANG LEBIH TUA HARUS DIHORMATI

Oleh: Novihandra, S. Pd

Sebagai orang yang beragama kita pasti paham tentang tata krama. Setiap agama mengajarkan tentang cara bersikap kepada orang yang lebih tua. Setiap yang muda harus menghormati yang lebih tua di manapun kita temui, baik dalam bertingkah laku maupun bertutur kata.
Semua ini karena sudah pastinya orang yang lebih tua lebih banyak pengalamannya dan sudah banyak makan garam. Walau berbeda pendapat kita menyampaikannya dengan sopan santun dan penuh tata krama.
Namun dewasa ini, budaya itu mulai pudar. Budaya dulu yang sopan dan suka bertegur sudah jarang kita lihat. Banyak kita jumpai anak- anak muda zaman sekarang menganggap dirinya lebih berilmu, dirinya lebih bisa karena sekolahnya tinggi dan gelarnya yang banyak terkadang menganggap remeh orang yang lebih tua yang sekolahnya rata- rata tidak tamat, baik itu dalam berbicara atau bersikap.
Bahkan di berbagai media tidak sedikit kita dengar dan saksikan seorang anak yang tega melawan orang tuanya, seorang murid yang bersikap kasar kepada gurunya dan masih banyak lagi yang yang lain. Ini salah siapa? Yang jelas ini PR kita saat ini.

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 SD Islam Raudhatul Jannah.