Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru

Payakumbuh – Masa Orientasi Sekolah yang di SD Islam Raudhatul Jannah lebih akrab disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk membuat para siswa lebih religius yang berlangsung mulai Senin (09/07) sampai Rabu (11/07).

Sebelum memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolahnya yang baru, terlebih dahulu mereka diajak dan dibimbing untuk selalu mendekatkan pikiran, hati, jiwa dan raga kepada Allah SWT. Selain para siswa, orang tua juga antusias mengantarkan anaknya bahkan senantiasa menunggu anaknya hingga acara selesai. Hal ini sangat erat kaitannya  dengan  kerja sama orang tua dengan sekolah dalam pendidikan yang nantinya orang tua akan paham bagaimana kondisi sekolah, perlengkapan sarana dan prasarana dalam Proses Belajar Mengajar (PBM), kemudian kedekatan guru dengan siswa agar menjadi acuan ke depan atau pertimbangan dalam membimbing dan mengawasi belajar anak di rumah.

Acara hari pertama, Senin (09/07) masa pengenalan lingkungan sekolah dibuka secara langsung oleh Kepala SD Islam Raudhatul Jannah, Syamsuardi,S.Ag. Sebelumnya , Ultra, S.Pd selaku ketua Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah memberikan sambutan kepada peserta didik baru, khususnya peserta didik yang baru. Siswa diajak berkomunikasi sambil memperkenalkan sekolah secara fisik, Visi dan Misi sekolah, program sekolah serta ruang lingkupnya. Dalam acara ini seluruh siswa berkumpul di halaman utama sekolah.

Di hari kedua, peserta didik baru disuguhkan penampilan bakat oleh kakak- kakak kelas dari kelas dua sampai kelas enam untuk memotivasi serta menghibur adik- adik kelasnya, khususnya kelas satu. Acara yang ditampilkan yaitu tahfizh, puisi, pantomim, dan nyanyi solo yang.  Semua bidang yang ditampilkan merupakan bakat yang dilombakan dari tingkat kecamatan, kota, propinsi, bahkan nasional yang telah mengharumkan nama sekolah. Dalam berlangsungnya acara tidak lupa diselingi dengan berbagai kuis serta memberikan reward kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Serta pembagian reward kepada siswa yang memiliki jumlah tabungan terbanyak untuk kelas rendah dan juga kelas tinggi yang diberikan oleh BMT Raja Syari’ah yang berada di bawah naungan YPI Raudhatul Jannah.

Pada hari ketiga yang merupakan hari penutupan dalam perkenalan lingkungan sekolah, seluruh wali kelas satu mempersiapkan anak- anak utusan kelasnya untuk menampilkan bakatnya di hadapan kakak- kakak kelasnya, majelis guru dan orang tua. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan para ketua kelas yang telah ditunjuk di kelasnya mulai dari kelas satu sampai kelas enam.

“Alhamdulillah, dalam pelaksanaan acara perkenalan siswa dengan lingkungan SD Islam Raudhatul Jannah berjalan dengan lancar dan kondusif dari awal hingga akhir, hal ini juga didukung dengan suasana yang sejuk. Dan juga seluruh siswa sangat ceria dan antusias serta penuh kreatifitas sesuai dengan Visi SD Islam Raudhatul Jannah “Unggul Dalam Aklhlak dan Prestasi serta Ramah Lingkungan”, yang disampaikan langsung oleh Novi Handra S.Pd.I yang merupakan salah seorang guru PAI dan juga MC saat itu. (NH)

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 SD Islam Raudhatul Jannah.