Juara di Apresiasi Sastra 2016 , Siswa SD I RJ Harumkan Nama Sumbar dikancah Nasional

Putri Alya Syakira raih juara III dalam cabang Cipta Pantun dalam ajang Apresasi Sastra 2016. Untuk meraih peringkat ini Putri harus bersaing dengan 30 orang peserta lainya dalam cabang yang sama dari seluruh Indonesia.Selain putri juga tercatat nama Rivan Maulana yang meraih juara harapan III pada cabang Cipta Syair. Siswa SD Islam Raudhatul Jannah merupakan satu – satunya kontingen dari Sumatera Barat.

Kedua penghargaan ini diterima langsung oleh masing – masing pemenang. Putri yang meraih Juara III pada cabang Cipta Pantun, hadiahnya diserahkan langsung oleh dirjen dikdasmen Dr. Hamid Muhammad, Ph.D, sedangkan hadiah untuk Rivan diserahkan  oleh CEO Mizan Publishing House,Sari Meutia.  Acara penganugrahan ini berlangsung meriah di Kemendikbud, Senayan Jakarta (10/11).

Wisna Yunita dalam kesempatan terpisah mengungkapkan, setiap peserta dalam ajang apresiasi sastra ini mendapatkan beasiswa sebesar Rp2,5 Juta yang didistribusikan langsung ke rekening masing – masing, selain itu untuk juara III juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 2 juta dan Juara harapan III juga mendapat sebesar Rp. 1,5 Juta. Selain uang pembinaan dan beasiswa setiap peserta juga mendapatkan tropy, piagam serta medali.

Kegiatan Apresiasi Sastra ini sendiri hadir dalam rangkaian acara yang menyenangkan baik bagi peserta maupun pendamping. Acara yang digelar di Kota Bogor , Jawa Barat ini dilaksanakan 8 – 11 November lalu. Selain lomba utama yang dilaksanakan pada tanggal 9 November, peserta lomba juga mengikuti kegiatan wisata edukasi ke Taman Safari.Selain itu peserta juga mengikuti konferensi yang merumuskan rekomendasi perihal dunia penulisan anak-anak ke kementerian pendidikan dan kebudayaan, ke penerbit , ke sekolah, dan ke keluarga.Hasil konferensi tersebut disampaikan di acara Anugrah Apresiasi Sastra (10/11).

“Satu hal yang membanggakan Kita adalah  selain meraih dua gelar juara, ananda kita Rivan juga juga berkesempatan membacakan salah satu karya syairnya  pada acara penganugerahan lomba apresiasi sastra” Imbuh Syamsuardi, S.Ag melalui sambungan telponya.

Selain meraih juara dari dua cabang, peserta dari SD I RJ lainya yaitu Vany Dwi Andika dan Arimby Dwi Septyo  ,juga meraih  peringkat 12 dan 16 dalam cabang menulis cerpen kategori pemula. Kedua karya siswa SD I RJ akan diterbitkan ditahun 2017 mendatang.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 SD Islam Raudhatul Jannah.